IME - Definisi dan Ruang Lingkup
March 14, 2013
Iklan dapat dilihat dari berbagai
perspektif, demikian juga dengan iklan yang menggunakan media
elektronik. Dari sekian banyak perspektif, tampaknya orang harus
memilih menggunakan salah satunya sebagai landasan berpikir ilmiah.
Menggabungkan definisi iklan dengan definisi media elektronik,
akhirnya jurusan ilmu komunikasi Unsoed memilih memandang iklan media
elektronik sebagai : “Iklan dengan kebutuhan akan energi elektronik
/ energi elektro mekanik untuk mengakses kontennya”.
Konsekuensi dari keputusan perspektif tersebut di atas adalah sudut pandang terhadap sifat media dan sifat audiens dalam iklan elektronik ini. Media akhirnya dianggap sebagai pihak yang aktif sementara audiens lebih kepada pihak yang pasif. Kepasifan audiens ini pada akhirnya menjadi sebuah kelemahan tersendiri bagi media elektronik, misalnya saja dengan terlewatnya pesan-pesan iklan media elektronik karena adanya kegiatan lain yang harus dilakukan audiens.
Pengistimewaan sifat media disematkan
pada iklan internet. Internet memiliki sifat yang berbeda dengan
media elektronik pada umumnya. Internet ini pada akhirnya lebih
bersifat media cetak yang interaktif daripada media elektronik.
Audiens diharuskan bersifat aktif ketika berinteraksi dengan
internet.
Bagaimanapun, sudut pandang terhadap
iklan media elektronik tetaplah berada dalam suatu lingkungan atau
ruang lingkup iklan elektronik sebagai kajian khas komunikasi. Hal
ini mengindikasikan iklan media elektronik dipandang sebagai bagian
dari payung ilmu sosial secara umum, dan khususnya ilmu komunikasi.
Pada perkuliahan kedua, mahasiswa
komunikasi Unsoed disajikan pada seluk beluk iklan media elektronik
sebagai kajian ilmu sosial, dan sebagai kajian ilmu komunikasi.
Harapannya, tentu saja mahasiswa dapat menempatkan iklan media
elektronik ini ke dalam kedudukannya dan mempelajari sesuai kedudukan
tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai materi kedua iklan media
elektronik ini, mahasiswa dapat mengakses pada unggahan berikut:
Mahasiswa juga dapat melihat previewnya
di bawah ini:
Foto : aarushi11.blogspot.com/
3 komentar
kita juga punya nih artikel mengenai 'Advertising', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
ReplyDeletehttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1455/1/10607076.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat
Terima kasih linknya Andiny Oktariana. Link yang Anda sematkan memperkaya pemahaman kami tentang iklan. Tentu saja ini amat sangat akan bermanfaat, karena iklan memang tidak dapat dipahami hanya dari perspektif tunggal saja, melainkan harus multiperspektif; termasuk bahasa sebagaimana link Anda. Sekali lagi terima kasih.
ReplyDeleteTerima kasih atas kunjungannya di blog saya. Video di link yang Anda berikan sangat bermanfaat dan kreatif. Sukses selalu buat Anda.
ReplyDelete