Belajar Iklan Elektronik
January 22, 2013Foto : edigiteyes.com |
Pada semester ini di
Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed muncul mata kuliah baru, Iklan Media
Elektronik atau disingkat IME. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah
praktikum wajib yang berbobot 2 SKS (1-1), yang artinya Mahasiswa
mata kuliah ini akan mendapatkan 1 SKS teori dan 1 SKS praktek setiap
minggu. Itu sama saja dengan 200 menit per minggu bertemu dengan saya
dan Mbak Dian Bestari, M.I.Kom.
Beberapa mahasiswa rupanya penasaran dengan mata kuliah ini. Apa sebenarnya yang hendak disampaikan dalam 12 kali pertemuan nanti? Saking penasarannya, ketika ada Program Internship Himakom Unsoed beberapa waktu lalu, Divisi Kajian Iklan memunculkan permintaan agar menampilkan kisi-kisi materi mengenai iklan elektronik. Padahal peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah mahasiswa baru yang saya pikir belum saatnya belajar ke arah itu. Namun akhirnya, saya sedikit menampilkan beberapa karya iklan elektronik (televisi) buatan angkatan-angkatan terdahulu. Setidaknya dengan tampilan tersebut dapat mendorong semangat mereka untuk lebih banyak belajar mengenai iklan.
Pada tulisan kali ini
saya akan sedikit menjelaskan posisi mata kuliah ini dibanding mata
kuliah lainnya. Selain itu, saya juga akan menyinggung mengenai
materi-materi yang hendak disampaikan dalam mata kuliah ini. Tujuan
tulisan ini adalah adanya kesepahaman antara dosen dengan mahasiswa
mengenai materi yang hendak dipelajari nantinya.
Pertama, saya akan
membahas tentang posisi Mata Kuliah Iklan Media Elektronik
dibandingkan dengan mata kuliah lainnya. Alasan kemunculan mata
kuliah ini adalah karena pengamatan terhadap kurikulum yang telah
berjalan serta capaian pembelajaran yang harus diraih mahasiswa.
Dirasa bekal pengetahuan dan keterampilan tentang periklanan relatif
kurang.
Sebagai informasi, pada
kurikulum lama (yang diambil hingga angkatan 2009) materi periklanan
hanya muncul dalam mata kuliah teori dan praktikum periklanan yang
berbobot 3 SKS (2-1). Pertemuan sebanyak 12 kali dirasa masih kurang
memenuhi kebutuhan akan pemahaman iklan secara teoritis dan praktis.
Titik finalnya adalah pada lokakarya kurikulum di Baturraden yang
diselenggarakan pada akhir tahun 2009. Pertemuan tersebut kemudian
menyepakati berbagai perubahan kurikulum, yang antara lain sepakat
untuk memecah mata kuliah Teori dan Praktikum Periklanan menjadi dua
mata kuliah. Mengingat perbedaan karakteristik media yang digunakan
oleh iklan, maka akhirnya disepakati bersama bahwa Mata Kuliah Teori
dan Praktikum Periklanan dipecah menjadi Mata Kuliah Iklan Media
Cetak (media pasif) dan Mata Kuliah Iklan Media Elektronik (media
aktif).
Kedua, setelah kurikulum
mengamanatkan pemecahan mata kuliah tersebut, maka agar disusun
rancangan pembelajaran yang memadai. Melalui penelaahan mendalam
mengenai materi-materi terdahulu, maka akhirnya muncullah rencana
pembelajaran Mata Kuliah Iklan Media Elektronik yang terdiri dari 12
kali pertemuan yang meliputi pembelajaran mengenai iklan internet,
iklan radio, dan iklan televisi. Materi rancangan pembelajaran ini
bersifat tentatif dan dapat sewaktu-waktu berubah sesuai kesepakatan
antara dosen dengan mahasiswa. Rancangan pembelajaran tersebut dapat
diunduh di laman berikut ini:
Setelah melihat rancangan
pembelajaran tersebut, saya berharap bisa mendapatkan masukan-masukan
positif guna pengembangannya. Sehingga, ketika perkuliahan dimulai
telah ada kesepakatan antara dosen dengan mahasiswa mengenai materi
yang hendak diberikan dalam perkuliahan. Untuk usulan tentang
perbaikan rancangan pembelajaran bisa disampaikan melalui kolom
komentar di bawah atau bisa juga dibahas melalui media sosial Twitter
dengan Hashtag #IMEUnsoed. Saya tunggu masukannya ya...
UPDATE
Pada pertemuan pertama kemarin telah disepakati bersama mengenai aturan-aturan perkuliahan serta penugasan. Untuk lebih jelasnya, aturan perkuliahan serta penugasan pertama Mata Kuliah Iklan Media Elektronik dapat diunduh di bawah ini:
Slide tersebut dapat juga dilihat di bawah ini:
UPDATE
Pada pertemuan pertama kemarin telah disepakati bersama mengenai aturan-aturan perkuliahan serta penugasan. Untuk lebih jelasnya, aturan perkuliahan serta penugasan pertama Mata Kuliah Iklan Media Elektronik dapat diunduh di bawah ini:
Slide tersebut dapat juga dilihat di bawah ini:
0 komentar